• slide nav 1

    Salim Business Group

    Kehidupan terbaik yakni hidup sukses bahagia dan berkah ...
  • slide nav 2

    Ekselensia Training

    Membangun pelatihan yang terbaik dan terpercaya sebagai sarana percepatan dalam mencapai kehidupan terbaik...
  • slide nav 3

    Impian Hari Ini...

    Ketahuilah bahwa kenyataan hari ini adalah mimpi hari kemarin, dan impian hari ini adalah kenyataan di hari esok
  • slide nav 4

    Trainer

    Lima Level Trainer...
  • slide nav 5

    Alasan!

    Sembilan puluh sembilan persen kegagalan datang dari orang yang punya kebiasaan suka membuat alasan ...
  • slide nav 6

    Memulai Usaha

    Tiga Langkah Menuju Bisnis yang Sukses...

Selamat Datang di Website Salim Business Group

"Kita dibatasi bukan oleh kemampuan kita, tapi oleh visi kita.” Jonathan Swift (1667—1745), pengarang dan sastrawan Irlandia"

Delete this element to display blogger navbar

Terapi Asam Urat Minim Obat

Diposting oleh Salim Business Group di 23.42

Sering terdengar di antara keluarga kita atau bahkan sahabat sendiri yang menderita asam urat. Gejala yang sering dirasakan terasa senut-senut, sakit yang luar biasa terutama di daerah sendi. Padahal sebenarnya, tidak semua sakit nyeri persendian diebabkan oleh asam urat. Gejala radang sendi sendiri digolongkan sebagai penyakit arthritis atau rematik. Nah , salah satu jenis rematik yang bernama arthritis gout inilah yang disebabkan banyaknya penumpukan asam urat dalam tubuh. maka, diperlukan hasil laboratorium yang jelas apakah sakit radang sendi yang terjadi disebabkan oleh penumpukan asam urat atau tidak. Kondisi hiperurisemia terjadi jika nilai asam urat dalam plasma darah lebih dari 7 mg/dl untuk laki-laki dan 6 mg/dl untuk perempuan.
Bapak Kedokteran dunia, Hippocrates telah mengumpulkan fakta bahwa penyakit arthritis gout ini lebih banyak diderita laki-laki daripada wanita. Sedangkan wanita yang menderia asam urat biasanya telah memasuki masa menopause.
Penyakit yang disebabkan oleh asam urat, dalam bahasa inggris disebut gout. Istilah ini mulai dikenal sejak abad 13, yang berasal dari bahasa latin  yaitu ‘gutta’ yang berarti tetesan. Asam urat memang berbentuk seperti Kristal. Pada dasarnya, asam urat adalah zat sisa metabolisme dari purin. Purin merupakan salah satu jenis protein yang disebut asam nukleat , secara alami ada dalam setiap sel, sebagai pembentuk gen yang terdapat dalam DNA dan RNA. Karena menjadi zat pembentuk sel, maka semua makhluk hidup baik tumbuhan dan hewan pun memiliki purin. Termasuk manusia pun saat melakukan metabolisme seperti biasa, tetap memproduksi asam urat.

Faktor Penyebab

Jika setiap orang pasti memproduksi asam urat, mengapa ada yang sampai terasa sakit di persendian atau sudah dalam kategori sakit gout bahkan terbentuk tofus? Hal ini bisa disebabkan karena terjadi ketidakseimbangan antara produksi asam urat dan system pengeluaran asam urat. Beberapa kondisi yang menyebabkan ketidakseimbangan ini adalah:
  1. Penurunan ekskresi  asam urat secara idiopatik (tidak diketahui sebabnya)
  2. Penurunan eksreksi asam urat sekunder, misalnya karena gagal ginjal. Penurunan ekskresi juga terjadi saat kondisi dehidrasi. Saat tubuh dehidrasi, kandungan asam urat dalam tubuh meningkat dan kemampuan ginjal untuk membuang asam urat berkurang.
  3. Peningkatan produksi asam urat, misalnya disebabkan oleh tumor (yang meningkatkan cellular turnover) atau peningkatan sintesis purin (karena defek enzim-enzim atau mekanisme umpan balik inhibisi yang berperan). Bisa juga terjadi pada penderita diabetes karena terdapat produk keton yang berlebihan dari hasil pemecahan lemak.
  4. TIngginya asupan makanan yang mengandung purin
Nah, sebenarnya, tubuh menyediakan 85 persen senyawa purin untuk kebutuhan setiap hari. Ini berarti bahwa kebutuhan purin dari makanan hanya sekitar 15 persen. Untuk itu diperlukan pemilihan bahan makanan yang tepat agar tumpukan purin tidak berlebihan dalam tubuh kita.
Jika dilihat dari sisi TCM (Traditional Chinese Medicine), asam urat tergolong penyakit yang disebabkan adanya penumpukan lembab panas dalam darah. Hal ini bisa disebabkan konsumsi banyak lemak (gorengan) dan makanan pedas.

Makanan dan Asam Urat

Setiap makanan pasti memiliki kandungan purin di dalamnya. Namun ada beberapa jenis makanan yang banyak mengandung purin, tapi ada juga yang sedikit. Di bawah ini kami klasifikasikan makanan yang tinggi sampai rendah kandungan purinnya

Tinggi purin (100-1000 mg purin/100gr)
ikan sarden, makarel, herring, jeroan seperi otak, hati atau liver, ginjal, paru-paru, kerang, ekstrak daging/kaldu, bebek.

Kandungan purin sedang (9-100 mg purin/100 gr)
Daging sapi dan ikan (kecuali yang disebutkan di kelompok pertama), ayam, udang, bayam, daun singkong, kangkung, melinjo, emping, tahu dan tempe.

Kandungan purin rendah
Nasi, ubi, jagung, telur, sayuran buah (kecuali kelompok 2)

Obat dan Suplemen Pemicu Asam Urat
Selain dari makanan, beberapa obat juga bisa meningkatkan endapan asam urat seperti aspirin, caffeine, cisplatin, diazoxide, diuretics, epinephrine, ethambutol, levodopa, methyldopa, nicotinic acid, phenothiazines dan theophylline.

Bagaimana Mencegahnya?
  1. Ketahui sejak dini ada tidaknya potensi asam urat. Sahabat bisa melakukan cek LBA untuk mengetahuinya
  2. Minum air putih sebagai asupan cairan yang utama, bukan kopi, teh, coklat, susu atau jus.
  3. Melakukan diet tepat jika sahabat memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan
  4. Mengkonsumsi buah dan sayur dalam setiap menu makanan.
  5. Mengurangi konsumsi daging merah.

Jika saya Sudah Memiliki Asam Urat…..
Air Putih minumnya
Karena asam urat akan dibuang melalui urin, maka kemampuan ginjal dalam melakukan proses ekskresi juga perlu diperhatikan. Ginjal bisa berfungsi dengan baik jika asupan cairan, terutama air putih yang dikonsumsi cukup. Lalu, apa tanda air putih yang kita konsumsi sudah cukup? Sahabat bisa melihat warna kencing. Jika warnanya sudah kunign jernih bahkan hamper bening dan hamper tidak berbau ‘pesing’, artinya asupan cairan sudha cukup. Jika masih berwarna kuning pekat bahkan coklat, artinya tubuh sahabat masih dehidrasi. Konsumsi air 6-8 gelas sehari cukup membuat tubuh terhidrasi dengan baik.

Diet tepat.
Di bawah ini beberapa tips diet untuk mencegah kambuhnya nyeri/gejala asma urat
  • Mengurangi makanan sumber allergen seperti produk susu, gandum (mengandung gluten), jagung, makanan berpengawet, dan tambahan makanan lainnya.
  • Konsumsi makanan kaya antioksidan terutama tentunya sayur dan buah.
  • Konsumdi makanan tinggi serat seperti singkong, ubi, kentang.
  • Kurangi konsumsi daging merah, ikan laut (Seperti disebutkan sebelumnya).
  • Kurangi konsumsi rendah kalsium (susu), konsumsi lebih banyak makanan sumebr magnesium seperti jagung, oat, kedelai, beras merah, pisang, alpukat dan kentang.
  • Memilih makanan yang mengandung rendha purin
  • Kurangi konsumsi sumber lemak trans yang banyak terdapat pada : cookies, cracker, cakes, kentang goreng, donat, makanan olahan dan margarine.
  • Berhenti merokok
  • Berhenti konsumsi soft drink
  • Olahraga setidaknya 30 menit seharo, 5x per pekan
    Menghindari makanan yang kandungan purinnya tinggi, beralih ke jenis makanan yang memiliki kandungan purin sedang bahkan rendah.
Ketiga.
Melakukan terapi akupuntur untuk mempercepat berkurangnya kandungan asam urat dalam darah. Sebuah penelitian yang dilakukan di China, membandingkan efektivitas terapi asam urat dengan metode tusuk jarum (akupuntur) dan obat, menunjukkan hasil yang hampir sama. Efektivitas terapi akupuntur untuk menurunkan serum asam urat adalah 93,3%, sedangkan saat menggunakan obat efektivitasnya sekitar 80%. Namun, jika menggunakan terapi akupuntur, tidak terdapat reaksi efek samping, tapi saat menggunakan obat efek samping yang dirasakan sekitar 46,7%.

Herbal Yang Tepat
gejala yang timbul saat asam urat menyerang adalah rasa sakit di are sendi. Hal ini disebabkan adanya inflamasi atau peradangan. Penggunaan obat NSAID’s sebagai pengurang rasa sakit untuk jangka waktu panjang kurang baik digunakan. Salah satu alternative adalah menggunakan herbal berbahan dasar Curcuma zedoaria, seperti V nature. Karena Curcuma zedoaria memang telah terbukti menghambat terbentuknya prostaglandin dengan cara mencegah terbentuknya enzim siklooksigenase, sehingga mencegah peradangan.

Terapi Asam Urat di RSH
Mulai bulan januari ini RSH memiliki program khusus untuk lansia sehat. Salah satu treatment yag bisa didapat adalah terapi akupuntur. Dengan metode akupuntur yang tepat serta panduan pola makan yang tepat untuk sahabat maupaun kerabat yang memiliki masalah penyakit asam urat, hiperurisemia, maupun arthritis, baik akut maupun kronis.

___________________________________

Oleh : RSH Jogja 
Referensi:
Almatsier.2005.Penuntun Diet.Gramedia Pustaka Utama
Ehrlich, Steven D.2010.Gout. www.umm.edu
Jun, et al.2000.Treatment of Gout With Acupuncture.Acupunct Med 2000;18:29-31doi:10.1136/aim.18.1.29
Wibowo, Suryo.2010.100 Questions & Answer Asam Urat.Elex Media
Xie et al.2009. Observation on therapeutic effect of surrounded needling therapy on acute gouty arthritis .Zhongguo Zhen Jiu. 2009 May;29(5):375-7.

0 komentar :

Posting Komentar

 
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon More