• slide nav 1

    Salim Business Group

    Kehidupan terbaik yakni hidup sukses bahagia dan berkah ...
  • slide nav 2

    Ekselensia Training

    Membangun pelatihan yang terbaik dan terpercaya sebagai sarana percepatan dalam mencapai kehidupan terbaik...
  • slide nav 3

    Impian Hari Ini...

    Ketahuilah bahwa kenyataan hari ini adalah mimpi hari kemarin, dan impian hari ini adalah kenyataan di hari esok
  • slide nav 4

    Trainer

    Lima Level Trainer...
  • slide nav 5

    Alasan!

    Sembilan puluh sembilan persen kegagalan datang dari orang yang punya kebiasaan suka membuat alasan ...
  • slide nav 6

    Memulai Usaha

    Tiga Langkah Menuju Bisnis yang Sukses...

Selamat Datang di Website Salim Business Group

"Kita dibatasi bukan oleh kemampuan kita, tapi oleh visi kita.” Jonathan Swift (1667—1745), pengarang dan sastrawan Irlandia"

Delete this element to display blogger navbar

5 Ways To Get More Money

Diposting oleh Salim Business Group di 19.06

5 Ways To Get More Money!

July 7th, 2011 by admin
Make More Money 5 Ways To Get More Money!
Lebih mengulas dan me-refresh kembali tentang apa yang telah disampaikan founder UTHB, Samsul Arifin yaitu tentang 5 langkah bagaimana mendaptkan banyak uang dalam bisnis. Kami akan menyajikannya lebih terperinci lagi, tidak perlu repot-repot baca buku teori pemasaran yang terlalu tebal, disini bakal dikupas tuntas setuntas-tuntasnya. Cuma untuk member kami memberikannya semua ilmunya secara gamblang. Gimana? Asik kan? Tanpa perlu panjang lebar lagi mari kita bahas satu per satu ya …
1. Yang pertama adalah Lead generation.
Yup istilah ini digunakan untuk memperbanyak daftar jumlah orang. Cara konvensional dari Lead generation, salah satunya adalah dengan cara menunggu duduk di meja pameran dagang selama berjam-jam dengan harapan bahwa konsumen akan datang mengisi formulir data diri. Hmm … apakah anda mau seperti ini terus? owh tentunya anda tidak mau waktu anda sia-sia bukan? Apapun bisnis anda, jenis taktik pemasaran ini sangat disarankan untuk mengumpulkan database calon konsumen agar suatu ketika kita dapat menawarkan produk-produk kita. Kecenderungan yang ada saat ini menunjukkan bahwa lead generation akan menjadi lebih populer di masa depan, terutama untuk bisnis yang berorientasi pada jasa. Salah satu trik paling mudah untuk mengumpulkan data sebanyak-banyaknya adalah dengan menggunakan teknologi IT, bisa berbasis web atau yang lainnya. Yang jelas, tugas anda sekarang adalah jangan bosan-bosan berkenalan dengan orang, mintalah kartu namanya atau minimal nomor telepon, alamat rumah ataupun emailnya. Suatu ketika inilah harta karun anda di masa depan.
2. Convertion Rate
Nah, kalau yang ini adalah kemampuan anda untuk mengkonversi, dari yang tadinya hanya melihat dan bertanya bahkan tidak tahu-menahu mengenai produk anda, maka si calon customer akan tertarik untuk membeli. Bagaimana caranya? Berilah informasi yang jelas mengenai produk anda. Caranya? banyak sekali : bisa dengan menggunakan Tag Line yang sesuai dengan pencitraan (positioning) produk anda. Buatlah dimana apabila calon pelanggan itu penasaran akan apa yang dilihatnya (produk anda). Berikanlah kesan yang menggoda bak pandangan pertama yang sulit dilupakan. Janganlah pelit terhadap informasi yang anda punya mengenai produk anda, kalau perlu edukasilah calon-calon pelanggan atau pelanggan anda berulang-ulang agar produk anda terngiang-ngiang di kepala mereka, caranya? tentu masih sangat banyak. Bisa melalui SMS Gateway – dengan menggunakan database calon pelanggan ataupun pelanggan yang anda punya. Kirimkan jangan tanggung-tanggung pastinya, 10.000 nomor langsung apabila memungkinkan. Misalnya : Anda bisa menghubungi mereka pada saat momen bulan Ramadhan bahwa anda menjual “Kolak Super” yang hanya bisa didapatkan di Jalan Pajajaran Kota Bogor untuk membuka kesegaran shaum Ramadhan. Atau untuk produk-produk berskala tinggi juga bisa menggunakan newsletter , kirim catalog bulanan ke perusahaan-perusahaan yang anda tuju, kirim e-mail, buat training gratis yang banyak dicari banyak orang kemudian demo-kanlah produk-produk anda di depan audience. Sekali kuncinya adalah berilah informasi sebanyak-banyaknya kepada masyarakat luas, terutama target pasar anda.
3. Meningkatkan Number of Transaction
Pernah ke restoran siap saji? perhatikan pada saat anda di kasir. Anda akan menyaksikan, ga aka nada cape-capenya si kasir menawarkan produknya lagi. “Silahkan mba/mas masih ada paket A,B,C,D, kalau anda membeli paket ini anda akan mendapatkan CD dari ini/itu, dsb”. Setiap kali ada orang yang bayar, si kasir selalu menawarkan. Tidk kenal lelah, yang penting bagaimana caranya dari orang tadinya hanya beli satu, kemudian membeli dua. Itulah kurang lebih makna dari number of transaction. Hampir sama dengan cara kedua, hanya hal ini lebih massive lagi, lebih sering kita lakukan. Terlebih apabila momennya pas, maka penawaran produk anda tidak akan sia-sia. Beberapa cara dalam melakukan strategi ini diantaranya yaitu :
a. Publisitas
buatlah press release tentang produk anda. Kirimkan ke banyak media, baik itu media cetak atau pun media internet (web). Biayanya sangat murah, bahkan gratis. Kalau anda punya resep “Pisang Goreng” paling enak se-Jawa Bali, undanglah para wartawan datang ke kedai anda, ajaklah berdialog dan tanyakan rasanya? kalau si wartawan itu kepincut dengan rasanya, “Pisang Goreng” anda pasti akan di ekspos tuntas bukan? atau buatlah artikel-artikel sederhana, ya kirimkan sekali lagi ke berbagai media pastinya. Besoknya kirim lagi dan kirim lagi. Jangan bosan ya?
b. Pakailah Referral System
Sistem referral ini terbukti sangat ampuh untuk meningkatkan jumlah konsumen. Orang lain yang mencarikan konsumen buat kita lebih asik kan? daripada kita kerja keras mencari sendiri dan hasilnya pun tidak semaksimal seperti kita mengajak orang untuk menawarkan produk / jasa kita. Berbagilah keuntungan dengan mereka, tentu kita tidak akan rugi kalau konsumen yang didapat jumlahnya banyak.
c. Endorsement
Endorsement ini bentuknya hanpir sama dengan referral, hanya jika satu orang referral biasanya mengajak paling banyak beberapa orang saja, tapi kalau endorsement ini satu orang bisa mengajak ratusan hingga ribuan orang untuk membeli produk atau jasa kita. Orang yang tepat untuk dijadikan endorsement adalah para tokoh masyarakat atau orang yang mempunyai organisasi dibidangnya, misal : kepala sekolah, rector, dokter, konsultan dll. Tawarkanlah produk / jasa gratis kepada orang (tokoh) tersebut, sebelum kita memintanya untuk melakukan endorsement terhadap produk kita.
d. Advertising
Beriklan, ya memang sudah banyak yang tahu beriklan. Harganya-pun lumayan besar. Untuk itu pandai-pandailah memilih media yang tepat.
e. Direct Sales
hal ini biasanya dilakukan langsung oleh tim penjual kepada target marketnya. Oleh karena itu para sales perusahaan adalah ujung tombak penting dari penjualan perusahaan. Maka sudah selayaknya mereka ini bisa diberi insentif yang lebih agar dapat memacu untuk menggunakan kemampuannya dengan lebih maksimal.
f. Direct Agent
juga dapat dilakukan dalam tahapan ini, agar kita bisa menjual produk secara lebih luas lagi.
g. Telemarketing
Melakukan penawaran kepada target konsumen dengan menggunakan fasilitas telepon. Oleh karena itu kita seharusnya sudah mempunyai sales script yang sangat teruji agar tenaga telemarketing diperusahaan kita bisa menyentuh target konsumen yang dituju. Buatlah script dimana apabila telemarketer sekali bicara, konsumen langsung dapat!
h. Joint Venture
Melakukan penawaran silang kepada perusahaan kompetitor yang mempunyai produk atau jasa yang sejenis dengan produk kita. Misalnya kita kelebihan order dan sudah tidak bisa menangani order tersebut, maka solusinya yaitu kita berikan bagian order kita kepada kompetitor kita, sehingga nantinya jika mereka juga mengalami hal yang serupa dengan kita diharapkan akan berbagi dengan kita. Hal ini bisa menciptakan iklim bisnis yang sehat dan saling menguntungkan. Bukankah bersinergi itu lebih baik?
4. Average Sales
Lihatlah rata-rata penjualan anda per bulannya, pantau-lah secara berkala. Buatlah target, jangan sampai bulan ini pendapatan kita lebih kecil daripada bulan lalu. Hal ini akan memacu anda untuk lebih berupaya mencapai hasil yang maksimal. Caranya bagaimana? jangan bosan-bosan … lakukan langkah 1, 2 , dan 3 lagi. Mengapa? ya karena teknik pemasaran itu dapat berhasil setelah adanya penawaran kepada calon konsumen sehingga orang itu jadi membeli bukan? dilanjut pembelian kedua, ketiga, keempat … terus. Manjakanlah ia jangan sampai pindah ke lain hati.
5. Profit Margin
Terakhir adalah, anda tentu ingin punya keuntungan berlipat bukan? jangan jual harga yang lebih mahal kalau produk anda kualitasnya sama dengan pesaing. Terlebih apabila kualitas anda buruk! Duh, jangan berharap anda dapat survive. Sebaliknya kalau kualitas anda itu meberikan nilai yang amat sangat penting untuk konsumen, maka anda akan berada di atas angin. Berapun harganya, anda akan terus dikejar. Konsumen akan semakin datang bergentayangan kepada anda. Nah kalau sudah begini, hati-hatilah … tetaplah tingkatkan kualitas dan supply. Sekali lagi manjakanlah mereka. Buat para pelanggan betah di pangkuan anda.
Selamat Mencoba …
Oleh : Risky Irawan

0 komentar :

Posting Komentar

 
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon More